Unknown

Mbanyu Arang merupakan sebuah sungai yang berada disebelah timur cungkup. Mbanyu Arang salah satu dari sekian sungai yang ada secara berjajar disebelah timur desa. Selain Mbanyu Arang ada kali kenik, kali sumpetan, kali rabasan dan lainnya.
Konon dahulu ada anak kecil, tidak jelas dari bangsa jin atau manusia, yang bermain sambil menggali-gali tanah, tanpa di duga tanah yang digali keluar mata airnya yang sangat jernih. Begitu pindah disebelahnya, tanah yang digali keluarlah mata airnya, begitu seterusnya sampai mata airnya banyak. Antara jarak mata air satu dengan yang lain agak berjauhan yang menurut bahasa setempat disebut arang. Karenanya warga menyebutnya dengan Mbanyu Arang.
Oleh warga setempat, tempat tersebut digali agak lebar sampai menjadi sebuah sungai atau kali yang bermuara ke waduk/rowo. Kali Mbanyu Arang karena jernihnya oleh banyak orang dijadikan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci dan lainnya. Karena saking jernihnya sampai-sampai jika ada benda yang jatuh ke kali itu bisa terlihat.
Sebagian warga sungai tersebut masih ditungguhi oleh makhluk halus yang bernama putri Andan Sari, yang diyakini anak dari penunggu sumur Banteng yaitu mbok Andan. Karenanya sebagian orang datang untuk membawa sesajen ketempat tersebut guna mendapatkan berkah kemakmuran tanahnya untuk bercocok tanam.
Putri Andan Sari sang penunggu sungai tersebut sangat cantik, tetapi selalu minta tumbal gadis cantik yang mandi, sehingga perempuan cantik tidak berani mandi di sungai tersebut sebab takut dijadikan tumbal.
Sungai tersebut sekarang sudah tidak ada bekasnya lagi. Namun bagi warga sekitar sungai Bayu Arang jika melakukan penggalian tanah baik disengaja untuk kepentingan atau sekedar main-main, maka sumber air jernih dengan sendiri akan keluar.
0 Responses

Post a Comment