Unknown

Disebelah barat daya pemakaman umum barat warga Lowayu terdapat sebuah makam yang diyakini mengeluarkan aura mistik, yang oleh warga disebut makam Joko Untung.
Konon dulu hidup seorang jejaka (Joko) yang hidup sebatang kara, kedua orang tuanya telah meninggal dunia, begitu juga keluarganya yang lain, dia hidup sendirian tanpa siapapun. Malangnya lagi dia sedang mengidap penyakit leprah (budug) yang oleh warga diyakini penyakit kutukan yang tidak dapat disembuhkan. Karenanya ia usir oleh warga sekitar untuk keluar dari desa, namun dia tidak mau dan akhirnya menetap dipinggir desa tepatnya disebelah selatan makam umum barat masjid.
Sehari-hari dia hanya mengharap belas kasihan pemberian orang lain, ternyata dia benar-benar masih beruntung (untung) dapat hidup dari pemberian orang lain bahkan makanannya lebih dari cukup, karenanya ia disebut Joko Untung.
Pada hari-hari tertentu makam joko untung didatangi sekelompok orang untuk memberikan sesajen dengan berharap mendapatkan keuntungan sebagaimana keuntungan Joko Untung. Namun kebiasaannya itu sekarang sudah tidak ada lagi, walaupun aura mistik yang terpancar dari makam Joko Untung masih terasa sampai sekarang.
0 Responses

Post a Comment