Unknown

Posisi kemuning berada diarah barat laut desa lowayu. Konon kemuning adalah sebuah perkampungan yng disebut desa kemuning. Dikatakan kemuning sebab warganya mempunyai kulit warna kuning. Warganya mayoritas menggunakan rumah srundan atau bertingkat.
Pada suatu hari warga desa lowayu, tetangga desa kemuning, mengadakan acara maulud nabi yang dilaksanakan di masjid tiban, penduduk terdekat termasuk kemuning mengikuti acara tersebut dengan membawa ambeng ketan. Setelah acara selesai penduduk kemuning pulang ke desanya. Dalam perjalanan mereka bertemu macan dan salah satu dari mereka di terkam macan sedang lainnya berhasil lolos.
Setelah kejadian tersebut penduduk kemuning ketakutan untuk keluar rumah dan memutuskan untuk berpindah serta menetap di desa lowayu. Pada hari-hari tertentu mereka tetap berziarah untuk membacakan tahlil, karena orang pintar mereka di makamkan disana. Konon juga ada makam  Mbok Rondo di kemuning yaitu anak kardewi yang cantik luar biasa.
Pemakaman itu sampai hari ini masih kelihatan puing-puingnya dan pada hari-hari tertentu masih terdengar suara-suara aneh yang menyeramkan.
0 Responses

Post a Comment