Unknown

Cepoko merupakan sebuah kampung yang bertempat pojok barat daya desa Lowayu. Konon didesa Lowayu terdapat sumur tua yang masing-masing memiliki kekuatan mistik, yang kami menyebutnya legenda 7 sumur tua. Diantaranya adalah Sumur Cepoko, Sumur Wayu, Sumur Banteng, Sumur Tiban atau Sawahan (berada pas disebelah utara masjid), Sumur didepan rumah Bu Hj Laduni, Sumur didepan rumah Bu Hj Warkinah, Sumur dibelakang Bapak Supardi (Selatan balaidesa).
Karena diyakini Cepoko ada penunggunya dan dapat memberi berkah, maka setiap hari senin dan kamis warga datang membawa sesaji dan bakar kemenyan kesumur tersebut, bahkan pada hari atau bulan tertentu diadakan acara ”dekahan” kecil-kecilan, akan tetapi tradisi seperti ini sudah tidak ada karena perkembangan zaman.
Terdengar cerita ada seorang warga kampung cempoko mempunyai hajat walimatul khitan, yang dimeriyakan dengan pentas wayang kulit. Tetapi ia tidak membawa sesaji kesumur cepoko, maka dalam acaranya ia selalu mendapatkan masalah, seperti: nasi yang dinanak tidak bisa masak-masak, nasi yang sudah masak dalam waktu sekejap mata sudah basi, bahkan kuah dan laukpauknyapun demikian. Setelah ia membawa sesaji kesumur itu semua masalahpun hilang dan acara berjalan dengan lancar.
Dahulu didakat sumur cempoko ada sebuah pohon bunga cempoko disumur dan bungah ada penunggu dari bangsa makhluk halus seorang putri yang cantik. Maka jiki ada wanita cantik dikampung tersebut melebihi kecantikan si putri, pasti minimal ia terkena aib bahkan mati secara misteri. Ada yang bilang penunggu sumur cempoko dan bungah cepoko adalah seorang lelaki yang beristrikan Mbok rondo andan yang menunggu Sumur Banteng. Karenanya warga menyakini Sumur cepoko dan Sumur Banteng adalah suami istri.
Sampai sekarang sumur tersebut masih berfungsi sebagaimana mestinya, sementara keyakinan keramat sumur cepoko berangsur-angsur hilang bersamaan dengan munculnya fajar syari’at islam.
3 Responses
  1. Anonymous Says:

    Ngarang lo


  2. Anonymous Says:

    Sorry bos bkn gx percaya
    Maksud nya lo ngarang ato dpt dari sumber mn


  3. Unknown Says:

    Iya ini kayaknya harus di luruskan


Post a Comment