Unknown
Masa masa masa berjalan dan terus berjalan, tidak seorang pun dapat lepas dari masa. Seiring berjalanya masa seiring itu pula seseorang mengalami proses kerusakan jasadnya. Tidak sedikit para bijak mengingatkan “jangan melewatkan masa muda dengan siasia” melalui perkatanya atau penanya, para pujangga melalui syair-syairnya dan para penyesal yang hanya bisa menyesali apa yang dilalakukan melalui perjalanan hidupnya.
Masa yang paling produktif dalam hidup ini adalam masa-masa muda, sungguh beruntung seorang pemuda yang dapat menyadari akan keproduktifan dirinya. Masa muda haruslah mampu melakukan dan mampu meninggalkan apa yang seharusnya dilakukan dan apa yang seharusnya ditinggalkan.

Seorang pemuda haruslah dapat:

a.       Menyadari hal positif
Dengan menyadari seseorang akan melangkah dan melakukan tindakan, tindakan apapun itu kalau didasarkan pada kesadaran yang baik maka tindakan itu akan mengarah pada tujuan yang baik demikian pula sebaliknya bila tanpa kesadaran yang baik maka tindakan tersebut akan mengarah pada hal yang tidak baik.
b.      Menyadari punya potensi
Kesadaran akan diri yang memiliki potensi merupakan sebuah penggerak yang mampu menggerakkan langka-langka disetiap tujuan. potensi yang dimiliki seorang pemuda yang harus disadari misalnya memiliki semangat tinggi, memiliki keringat dan lain sebagainya
c.       Menyadari masa muda
Dengan kesadaran ini seorang pemuda akan memanfaatkan masa mudanya dengan maksimal. Layaknya kata para bijak .”Masa muda adalah masa yang tak dapat terulang lagi maka aku harus memanfaatkan semaksimal mungkin” dan telah dilantunkan oleh seorang raja dangdut dalam lagunya yang sangat terkenal dan mampu menyentuh kalbu para pendengarnya “kalau masa muda selalu hura-hura masa depan suram tak kan bahagia kalau masa muda selalu foya-foya masa depan suram takkan bahagia”
d.      Menyadari punya harapan
Harapan adalah mimpi dan mimpi adalah langka awal dalam mencapai sebuah keberhasilan. Berawal dari mimpi maka seseorang akan berupaya menggapai impianya, seorang bijak perna berkata berjalan tanpa sebuah impian ibarat berjalan dengan tanpa sebuah tujuan. Semulus apapun jalan bila tujuan tidak jelas maka akan terasa hamper dan sesulit apapun jalan bila tujuan jelas maka akan ada upaya melewati.
e.       Menyadari punya tantangan
Sering kali orang merasa hidup ini bila tanpa tantangan tanpa ada variasi, tantangan apa saja seharusnya kita berusaha untuk menyelesaikannya. Seseorang itu sadar bahwa semua orang pasti punya tantangan.
0 Responses

Post a Comment